Tips Cara Efektif Membersihkan Rumah Dari Debu

Debu ialah akumulasi dari partikel-partikel yang sangat kecil, seperti di antara serat kain, kertas, rambut, bulu binatang peliharaan, sel kulit, kotoran, tanah kering dan masih banyak lagi. Dengan membiarkannya menumpuk terlalu lama tanpa di bersihkan sama sekali pada akhirnya akan menyebabkan alergi dan masalah kesehatan lainnya. Sudah menjadi keharusan kira harus membersihkan atau mengelap debu secara periodik. Kita memang tidak mungkin menghilangkan debu 100 persen tanpa sisa tapi setidaknya jika kita secara rutin membersihkan rumah kita tentunya debu yang ada akan sangat minimal sekali dan aman untuk kesehatan.

tips membersihkan rumah dari debu

Berikut ini di bawah ini adalah tips membersihkan rumah dari debu:

1. Membersihkan Atap dan Dinding

Tahapan pertama dalam membersihkan debu adalah membersihkan atap dan dinding dari debu. Caranya anda cukup menggunakannya dengan cara mengibas ngibaskannya pada permukaan atap maupun dinding. Untuk objek yang tinggi dan sulit terjangkau anda dapat menggunakan tangga untuk mengjangkaunya. Jika tidak ada tangga anda dapat menggunakan stick gagang sapu dan ujungnya anda pasang kemoceng.

baca juga artikel mengenai Grades Cleaning Service

2. Dusting atau Mengelap Debu

Cara mudah membersihkan debu dan setiap orang pun bisa adalah dengan cara dusting atau mengelap. Mengelap debu ini harus di lakukan setiap hari agar rumah kita benar benar beb as dari debu dan kotoran. Caranya dengan membasahi lap kemudian di peras semaksimal mungkin sehingga lap menjadi lembab. Setelah itu lap anda lipat selebar telapak tangan dan mulai melakukan pengelapan dari atas kebawah, kiri kekanan, bagian dalam kearah luar searah dengan arah jarum jam. Hal ini di lakukan agar tidak ada bagian yang telewatkan sehingga bersihnya maksimal dan rumah anda bebas dari debu penyebab penyakit gangguan pernapasan.

cara membersihkan rumah dari debu

3. Membersihkan Exhaust Fan

Setidaknya 2 bulan sekali kita harus membersihkan exhaust fan yang ada di rumah kita. Fungsi dari exhaust fan sendiri adalah menghisap udara kotor yang mengandung debu dari dalam rumah. Cover exhaust fan bisa kira copot lalu di bersihkan begitupun pada bagian filternya.

4. Vacuum Rumah Dengan Rutin

Vacuum atau sedot seluruh bagian rumah merupakan salah satu cara efektif membersihkan debu. Jika anda memiliki vacuum anda bisa menggunakannya setidaknya 2 hari sekali. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran pada lantai, karpet, sofa, springbed, exhaust fan dan bagian rumah lainnya. Vacuuming secara rutin akan meminimalisir akumulasi debu di rumah anda jadi jangan pernah malas ya untuk menyedot debu di rumah anda. Bagi anda yang tidak memiliki vacuum cleaner dapat menggunakan sapu sebagai gantinya atau lobby duster untuk area yang kering dan luas.

5. Mencuci Sprei, Sarung Bantal, Gorden dll

Sprei, sarung bantal, gorden seringkali berdebu jadi tentu harus perhatian kita juga apalagi. Cara membersihkannya sangat sederhana cukup mencucinya dengan rutin. Untuk sprei dan sarung bantal dapat di cuci seminggu sekali sementara gorden cukup dengan 4 bulan sekali. Akan tetapi baik sprei, sarung bantal maupun gorden harus kita vacuum setiap hari atau cukup dengan memukul mukulnya dengan menggunkan sapu lidi.

Berikut diatas 5 tips membersihkan rumah dari debu, semoga bermanfaat dan silahkan praktekan di rumah anda masing – masing. Ingat setidaknya setengah hari waktu kita di habiskan di dalam rumah jadi adalah wajib membuat rumah kita senantiasa bersih dari debu. Jika anda termasuk tipe pemalas untuk membersihkan rumah anda sendiri anda dapat mgnhubungi jasa pembersih rumah di kota anda seperti yang sudah sangat di kenal di Bandung yaitu Grades Home Cleaning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *